Belajar Ilmu Ma'rifattullah I

Catatan ini disampaikan dengan menukil dari beberapa kitab Ilmu Ma'rifattullah yang banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia dan juga dari beberapa nara sumber yang tidak diragukan pemahaman dan kemampuan ilmunya namun dalam beberapa hal metode penyampaiannya telah dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih mudah dipahami khususnya bagi umat yang belum pernah belajar Ilmu Ma'rifattullah.

ILMU MA'RIFATTULLAH adalah Ilmu KeTuhanan atau ilmu Tauhid biasa juga disebut Ilmu Keyakinan atau Ilmu kebatinan yang meng ESA kan TUHAN dapat membersihkan hati dan jiwa sehingga siapapun yang memahaminya pasti akan menjadikan JIWA nya  Tenang dan damai sehingga sangat layak dan wajib di pelajari oleh seluruh umat islam tanpa terkecuali.

Maksud dan tujuan catatan ini adalah:
  1. Untuk memberikan gambaran sederhana tentang ajaran AGAMA ISLAM yang diyakini banyak pihak adalah ajaran agama yang RAHMATAN LIL ALAMIN (Membawa rahmat bagi lingkungan sekitarnya) namun belakangan ajaran ISLAM ini dipertanyakan kembali karena banyaknya kasus - kasus Terorisme yang mengatasnamakan ISLAM yang jelas-jelas membawa bencana bagi lingkungan disekitarnya.
  2. Untuk memberikan gambaran bahwa Islam adalah agama yang damai dan penuh cinta kasih namun belakangan diragukan karena banyak terungkap kekejaman para majikan yang kesemuanya beragama ISLAM namun  menyiksa pembantunya sendiri tanpa belas kasih dan kejam.
  3. Untuk memberikan gambaran Bahwa sebenarnya ISLAM adalah satu dan bukan terdiri dari golongan-golongan yang kesemuanya mengaku paling benar.
Namun Saya menyarankan dan menghimbau:
  1. Bagi siapa saja yang membaca catatan ini agar tidak mempelajari lebih dalam secara otodidak (belajar sendiri) karena bisa mengakibatkan STRES TINGKAT TINGGI.
  2. Bagi golongan yang FANATIK bahwa segala sesuatu harus ada dalil-dalilnya baik dari alquran maupun Hadist sebaiknya tidak membaca catatan ini karena hampir semua uraian bersifat GHAIB atau tanpa dalil sehingga terkesan BID'AH (mengada-ngada) jika dipaksakan membaca hanya akan menimbulkan kebencian dan Fitnah.
  3. Bagi golongan yang ANTI  GOLONGAN  SUFI  dengan AJARAN TASYAUF nya sebaiknya tidak membaca catatan ini karena jika anti pada ajaran SUFI dengan TASYAUF nya berarti ANTI JUGA dengan ILMU MA'RIFATTULLAH yang menjadi pedoman hidup GOLONGAN SUFI.., dan dalam catatan ini yang di bahas adalah ILMU MA'RIFATTULLAH.
  4. Bagi golongan yang ANTI HIDUP bertoleransi atau ANTI HIDUP berdampingan dengan UMAT AGAMA LAIN sebaiknya tidak membaca catatan ini karena ILMU MA'RIFATTULLAH yang dibahas tidak mengenal perbedaan AGAMA dan mengajarkan cinta kasih pada sesama mahkluk TUHAN,jika dilanjutkan membaca catatan ini dijamin akan mengalami STRES TINGKAT TINGGI.
  5. Bagi golongan yang FANATIK PADA GOLONGANNYA SENDIRI atau golongan yang mengaku paling benar sebaiknya tidak membaca catatan ini karena akan berdampak semakin FANATIK sebagai golongan yang paling benar atau malah akan merasa KEBENARAN YANG DI YAKINI SELAMA INI hanya kulit-kulitnya saja dan sia-sia.
  6. Bagi yang sudah belajar dan memahami Ilmu Ma'rifattullah cukup catatan ini sebagai bahan perbandingan saja dan gak perlu repot-repot mendebat apapun alasannya.

Dasar dari catatan ini adalah menjelaskan metode gambar (Terlampir) tentang RAHASIA dan HIKMAH KALIMAT TAUHID ...LA ILAHAILALLAH  (Tidak ada Tuhan selain Allah) yang terdapat dalam Dua kalimat Syahadat, yaitu:

AKU BERSAKSI BAHWA TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN AKU BERSAKSI BAHWA MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH.

Sebagian umat islam menganggab 2 (Dua) kalimat syahadat tersebut diatas nampak biasa saja namun terasa istimewa disaat menjadi SYARAT UTAMA yang harus dibaca jika seseorang ingin masuk agama ISLAM...,bagi yang sudah beragama islam DUA KALIMAT SYAHADAT selalu di baca setiap saat menjalankan ritual sholat,acara pernikahan atau acara ritual ibadah lainnya jadi dalam kehidupan sehari hari DUA KALIMAT SYAHADAT  biasanya hanya dijadikan sebagai kelengkapan RITUAL Ibadah.

Saya banyak menemukan kitab - kitab yang membuka makna dan Hikmah dua kalimat syahadat tersebut yang bagi orang awam seperti saya sangat menarik sekaligus ANEH .......Aneh karena tidak ada dasar atau dalil pendukungnya dan menarik karena yang menyampaikan makna dan hikmah adalah Ulama-ulama besar yang terkenal bahkan semua AULIA/WALI memiliki kitab yang membahasnya.

Karena sifatnya yang RAHASIA dan terkesan SAKRAL maka tidak semua muslim mengetahui atau memahami makna yang sebenarnya padahal seharusnya semua muslim WAJIB MENGETAHUI DAN MEMAHAMINYA. 

Dalam Ilmu ma'rifattullah ..kalimat LA ILAHAILALLAH menjadi kunci pembukanya,dari sekian banyak metode pembukanya saya memilih metode yang sederhana sesuai dengan gambar terlampir,berikut penjelasannya: 

HAKEKAT MANUSIA dan NUR MUHAMMAD. 
الله
AF'AL
TUBUH..... Yaitu:  Tubuh yang dimaksud disini adalah tubuh manusia normal ataupun cacat sebagai mana yang kita  ketahui namun walaupun yang dimaksud adalah tubuh manusia para ahli ma'rifat menyebutnya BANGKAI MANUSIA  dan bangkai manusia ini memiliki RUH yang menjadikan tubuh manusia tersebut menjadi HIDUP. Pemahaman bahwa manusia adalah mahkluk yang sempurna adalah ketika TUBUH menyatu dengan RUH dan menjadikannya  HIDUP.

Pada Tubuh manusia inilah ditemukan banyak perbedaan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain,seperti :
  1. Perbedaan warna Kulit,ada yang berkulit hitam,ada yang berkulit putih,atau berkulit warna lainnya.
  2. Perbedaan bentuk pisik,ada yang besar dan ada yang kecil karena proses adaptasi lingkungan tempat tinggal.
  3. Perbedaan Adat Istiadat atau kebiasaan karena faktor alam tempat tinggalnya,seperti jenis makanan yang dimakannya.
  4. Perbedaan suku bangsa sesuai dengan letak geografi tempat tinggalnya.
  5. Seiring kemajuan tehnologi ditemukan juga adanya perbedaan karena kelainan GEN atau HORMON pada tubuh manusia yang berakibat berbeda secara pisik dan mental seperti BENCONG atau WARIA atau bahkan IDIOT dan lain lain.
  6. Perbedaan intelek (kepintaran dan kecerdasan) merupakan perbedaan dari sebuah proses pertumbuhan manusia dari mulai anak-anak sampai dewasa yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kebiasaan..., dari sinilah AJARAN AGAMA tertentu bisa masuk dan akan mempengaruhi segala adat kebiasaan serta budaya suatu kaum.
Dari semua perbedaan yang ada hanya ada satu kesamaan yang dimiliki oleh manusia yaitu memiliki NYAWA atau RUH yang berasal dari asal yang sama.

إله                        إلا
ASMA  ------   SIFAT
HAKEKAT MANUSIA, Yaitu: HAKEKAT MANUSIA adalah Yang sebenar-benarnya manusia ...,Para kyai dan juga para ahli ma'rifat serta para ulama sufi sepakat bahwa hakekat manusia adalah RUH. dan NUR MUHAMMAD pada diri manusia ada pada RUH.

Ruh ini memiliki banyak nama seperti, NYAWA, ARWAH, RUHUL KUDUS, JIWA, BATIN, SANUBARI, Dan lain-lain. Dalam beberapa ayat alquran manusia di panggil dengan sebutan "HAI JIWA YANG TENANG......."

Pemahaman "Barang siapa yang kenal dirinya maka dekatlah dia dengan TUHANNYA ada pada tahapan ini, yaitu:

HAKEKAT DIRI adalah  RUH ... dan RUH bagian dari NUR MUHAMMAD.. dan NUR MUHAMMAD bagian dari  TUHAN.................(Senjutnya pembahasan soal RUH ini akan di sampaikan pada catatan selanjutnya)

لا
DZAT
RAHASIA
NUR MUHAMMAD, Yaitu: Tempat yang tidak bertempat atau kososng lalu ada yang pertama kali diciptakan yaitu NUR MUHAMMAD yang meliputi segala sesuatu.

Hadis: 
Sahabat bertanya :  Ya Rasulullah,apa yang pertama kali diciptakan ketika segala sesuatu belum ada ?
Rasulullah menjawab: yang pertama kali ada adalah NUR nabimu yaitu NUR MUHAMMAD
(Bukhari)

Nur Muhammad inilah yang selanjutnya dikatakan dan diyakini sebagai bagian dari TUHAN YME ,banyak ibarat atau kiasan tentang hal ini,misalnya  :

1.  Dari DATUK SANGGUL dalam kitab BARENCONG  di syair SARABA EMPAT ( Serba Empat ) :

NUR MUHAMMAD Bermula nyata
Asal jadi alam semesta
Seumpama Api dengan panasnya
itulah  MUHAMMAD DENGAN TUHANNYA.

2.  Dari para Ahli Ma'rifat  :

Ibarat TUHAN  itu air di laut yang tenang
maka MUHAMMAD adalah Ombaknya
dan BUIH dari Ombak adalah alam semestanya.

Ibarat TUHAN itu Kapas
maka MUHAMMAD adalah KAINNYA
Dan PAKAIAN dari KAIN adalah Alam semestanya

Dari sekian banyak kiasan yang paling indah menurut saya adalah :

NUR MUHAMMAD adalah bagian dari TUHAN dan NUR MUHAMMAD  ibarat sebuah TITIK dan TITIK ini ada dimana saja dan meliputi apa saja,contoh  :
  1. Jika  menulis angka- angka ( 1,2,3,4,5,6,7,8,9,0 ) pasti diawali dan diakhiri oleh sebuah TITIK.
  2. Jika Menulis hurup apa saja ( a,b,c,d,e,f,g, dst....) pasti diawali dan diakhiri oleh sebuah TITIK.
  3. Jika Menggambar apa saja ( Bulat,persegi,segitiga,dan lain - lain ) pasti diawali dan diakhiri oleh sebuah TITIK.
Jadi angka - angka ( 1,2,3,4,5...dst ),hurup-hurup ( a,b,c,d, dst...) dan gambar-gambar adalah :
  • Ibarat Mahkluk yaitu : ....Hewan dan tumbuhan yang terdiri dari berbagaimacam spesiesnya dan juga ibarat MANUSIA YANG TERDIRI DARI BERBAGAI MACAM RAS DAN SUKUnya juga termasuk JIN.
  • Ibarat seluruh benda- benda dengan segala bentuk dan sifatnya ( Tanah, air, udara, api, dll )
Dari uraian tersebut diatas maka diharapkan semua umat muslim bisa memahami bahwa Manusia yang berbeda RAS,SUKU,ADAT dan AGAMA sebenarnya sama dan berasal dari satu yang sama yaitu NUR MUHAMMAD dan NUR MUHAMMAD adalah bagian dari TUHAN.

0 komentar: